Ketupat Lebaran, Pimpin Klasemen Liga Ramadan

Ketupat (resep.com)
Di akhir-akhir bulan Ramadan, menu favorit makanan takjil masih diduduki oleh gorengan, es kelapa, dan kurma. Mereka bertengger di posisi tiga besar dalam klasemen sementara Liga Ramadan. Lalu siapa pemenangnya?

Tentu saja, keberadaan posisi 3 besar ini, karena banyak pembelinya. Namun, posisi mereka tidak lepas dari kejaran es teh manis, es campur, dan es buah. Mereka menguntit posisi 4,5,dan 6 karena rasanya dingin dan segar.

Sementara es timun sari, meskipun banyak yang jual di jalanan, terlempar ke posisi 7. Posisi es timun sari belum aman betul, karena kolang-kaling juga banyak peminatnya yang sekarang sudah berada di poisi 8 yang sebelumnya diduduki oleh roti bakar.

Posisi roti bakar turun ke posisi 9 tidak lepas dari sepinya minat pembeli menjadi warning bagi menu makanan tajil lainnya. Begitu juga dengan ketupat yang berada di peringkat 10.

Meski begitu, es cendol dan es rumput laut yang menempati posisi 11 dan 12 penuh percaya diri dan berjuang keras agar terhindar dari degradasi klasemen Liga Ramadan.

Mereka tidak mau seperti yang terjadi pada bubur ayam dan bubur sumsum terkena degradasi tahun lalu gara-gara tidak maksimal olahan rasa buburnya sehingga wasit Persatuan Makanan Takjil Seluruh Indonsia (PMTSI), bukan PSSI ya, mendiskualifikasinya.

Mengambil pelajaran tahun sebelumnya, bubur ayam pada posisi 13 dan bubur sumsum peringkat 14 melakukan olahan resep yang lebih lezat agar diminati pembeli dan peringkatnya naik dan minimal terhindar klasemen bawah.

Adapun untuk klasemen bawah diduduki pendatang baru cucur dan onde-onde. Cucur posisi 15 dan posisi paling buncit ke 16 dipegang oleh onde-onde. 

Pengamat menu takjil Liga Ramadan menilai, cucur dan onde-onde wajar berada di posisi bawah. Selain, sebagai pendatang baru, cucur dan onde-onde sulit dicari pembeli sehingga berada paling bawah. "Bisa saja, mereka terdegradasi," ujar pengamat menu takjil.

Memasuki babak akhir Liga Ramadan, bersamaan berakhirnya puasa Ramadan, pemenangnya masih belum bisa dipastikan di pekan minggu ini. Dengan sisa 7 kali lagi buka puasa, peluang pemenangnya antara gorengan, es kelapa, kurma, es campur, dan es teh manis.

Namun, beberapa pengamat menu takjil memperkirakan ketupat yang akan menempati posisi teratas di akhir Liga Ramadan. Kemenangan ketupat ini merupakan tradisi dalam setiap menyambut lebaran. Maka tak heran, setiap muslim di mana-mana merayakan kemenangan Idul Fitri dengan sajian ketupat lebaran. (*)

Comments