Saturday, March 30, 2019

Kocak, Akal Sehat Rocky Gerung Menembus Trending Topic di Media Sosial


Humor - Kata akal sehat menarik perhatian masyarakat. Akal sehat telah menjadi idiom orang untuk berpikir jernih. Kata akal sehat tak hanya menjadi perbincangan serius di kalangan orang pintar, tapi ia menjadi bahasa yang renyah bisa dipakai di berbagai komunitas.

Kata akal sehat pun menjadi trending topic dalam tahun politik 2019 ini. Kata ini dipopulerkan oleh Rocky Gerung. Ia adalah ahli filsafat yang sering melontarkan kata akal sehat untuk memahami persoalan bangsa. Bagi orang atau penguasa yang tidak menggunakan akal sehat dalam berbagai persoalan disebutnya dungu.

Pernyataan-pernyataannya selalu mengundang kontroversi. Ia menjelma menjadi oposisi yang ditunggu publik untuk mengkritisi penguasa. Seiring popularitas Rocky Gerung, istilah akal sehat pun menjadi sering digunakan oleh masayarakat dalam percakapan sehari--hari. Baik dalam nada serius atau untuk sekadar bercanda.

Di media sosial twitter, hastag Akal Sehat selalu menjadi trending topic. Kadang kata akal sehat sering menjadi bahan plesetan terhadap satu peristiwa yang sedang terjadi.

Misalnya, dalam minggu lalu di bulan Maret ini, ada peristiwa Erwin Aksa memilih mendukung Prabowo Sandi ketimbang Jokowi-Ma'ruf. Padahal partainya Erwin Aksa Golkar mendukung Jokowi.

Atas kondisi itu, Rocky Gerung pun melontarkan istilah Erwin sekarang sudah tidak lagi di Partai Golkar (Golangan Karya), tapi di Partai Golkas (Golongan Akal Sehat). Lanjutnya, karena nama Aksa di belakang Erwin juga sebetulnya singkatan dari Akal Sehat (Aksa). (Foto/Rocky Gerung/VIVA.co.id)