Meme Gus Sholah Ternyata Gak Nyangka Cuitannya Penuh Logika dan Tawa




Salahuddin Wahid alias Gus Sholah meninggalkan kita. Ia wafat pada usia 77 tahun di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, Minggu, 2 Februari 2020. Esoknya, ia dimakamkan di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur, Senin, 3 Februari 2020.

Kiprah Gus Sholah di kancah nasional tak diragukan lagi. Ia aktif di berbagai lembaga dan organisasi. Dari Hak Asasi Manusia, Partai Politik, hingga ormas Islam. Ia lebih dikenal sebagai tokoh NU yang moderat.


Namanya selalu menjadi rujuakan penyeimbang atas pikiran-pikiran kontroversial kakaknya KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Ia dan Gus Dur adalah pemilik keturunan darah biru NU. Karena ayah dan kakeknya adalah pendiri dan penerus organisasi Nahdlatul Ulama (NU).

Di tengah kesibukannya memimpin pondok Pesantren tebu Ireng, Gus Sholah menyempatkan menyapa umat lewat akun twitternya. Dalam cuitannya ternyata banyak pesan yang bermanfaat.

Banyak warganet bertanya atau mendebatnya, Gus Sholah selalu menjawabnya dengan cerdas tanpa harus menghina lawannya. Pertanyaan datang mulai dari soal agama, NU, korupsi, hingga sepakbola. Gus Sholah menjawabnya dengan penuh logika dan mengundang tawa.

Comments