Bikin Kaget, Ajakan KH Ma'ruf Amin Ini Bagus Tapi Warganet Bilang Lelucon

Baru-baru ini KH Ma'ruf Amin mengajak India belajar toleransi kepada Indonesia. Kasus berdarah di negeri Bollywood yang memakan korban umat Islam telah mencederai toleransi beragama. Umat Islam di sana mendapatkan perlakuan diskriminasi di negeri bermayoritas Hindu itu.

"Kita menginginkan agar India bersikap seperti kita Indonesia yaitu membangun toleransi, moderasi di dalam beragama. Sebagai negara yang sama-sama majemuk, saya harap India itu seperti yang kita lakukan," kata Ma'ruf di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (4/3) kepada media.

Pernyataan ini mendapatkan banyak komentar dari warganet. Warganet merasa kaget dengan omongan wakil presiden ini. Mereka banyak yang protes meskipun sebenarnya ucapan KH Ma'ruf Amin sebuah ajakan yang bagus. "today's joke,"  ujar warganet.




Berikut komentar-komentar mereka yang mereka lakukan sebagai upaya kritik kepada pemerintah.

"Aku menangkap apa maksud dari Pak Ma'ruf. Kalau omongan beliau diartikan bahwa "Toleransi Indonesia sangat baik, India perlu belajar dari kita" aku pun menolak, karena nyatanya Indonesia memang belum sebaik itu," cuit warganet.

"Toleransi dalam membangun rumah ibadah minoritas ya"


"Halu, mungkin karena tidak ada perlawanan saat ada penutupan gereja, pembakaran Vihara, penolakan pendirian pura sehingga dibilang sangat toleransi."


Atau India di minta utk taat minoritas di negerinya? Beresin di negeri sendiri pak. #CabutSKB2Menteri




"Bapak wapres Gak malu apa ngomong seperti ini??di India minoritasnya bertindak seenaknya makanya akhirnya terjadi seperti itu...sedangkan disini minoritas sudah diam dan mengikuti aturan tapi masih saja dipersekusi dan ditindas...cermin mana cermin."


"Menurutku gaada yang salah. Disana negaranya sendiri yang mengendorse kekerasan terhadap muslim, istilahnya progroms. Polisi membiarkan kekerasan, rumah rumah dibakar. Kita ga sempurna emang tapi menurutku kita jauh lebih baik dari india. optimis aja sih,"


Itulah beberapa komentar warganet terkait ajakan KH Ma'ruf Amin agar India belajar toleransi beragama kepada Indonesia. Sayang, ajakan bagus Wakil Presiden ini ditanggapi sebagai lelucon oleh warganet. (Foto Ma'ruf Amin/VIVA.co.id)

Comments