Bikin Kamu Gak Bingung, Ini 8 Waktu Doa yang Dikabulkan Allah

Ilustrasi Waktu Doa Mustajab (Foto/Instagram/YayasanSyekhAliJaber) 
Berdoa merupakan permohonan seorang hamba kepada Tuhannya. Ia bisa meminta apa saja, di mana saja, dan kapan saja. Seorang hamba bisa berdoa untuk kesuksesan dirinya, keluarganya, atau orang lain.

Selain itu, seorang hamba juga bisa berdoa di mana saja. Bisa di rumah, di jalan, atau di masjid. Banyak tempat yang kamu bisa gunakan untuk berdoa.

Nah, selain tempat ada juga waktunya berdoa. Waktu pun bisa kapan saja. Tapi Rasul memberikan penjelasan ada waktu-waktu tertentu yang doa kita akan dijabah oleh Allah SWT.

Dilansir dari akun Instagram Yayasan Syekh Ali Jaber, Allah memerintahkan hamba-hambaNya untuk berdoa, memohon dan meminta kepada-Nya. Allah juga telah menjanjikan akan mengabulkan permohonan hamba tersebut.

Jika tidak terkabulkan di dunia, maka pasti akan dikabulkan di akhirat dan disimpan sebagai satu kebaikan.

Untuk mendekati doa diijabah, berdoa itu memiliki waktu-waktu yang mustajab. Artinya ketika berdoa di waktu tersebut akan lebih mudah dan lebih cepat terkabulkan. Kapan saja? 


1. Ketika sahur atau sepertiga malam terakhir
Kamu bisa melakukan doa saat sahur atau sepertiga malam terakhir. Kamu bisa berdoa saat salat tahajud.

2. Ketika berpuasa sampai berbuka
Kamu bisa memohon doa saat kamu berpuasa dari mulai waktu subuh sampai waktu magrib, berbuka puasa. Di bulan ramadan tentunya banyak waktu kamu bisa gunakan untuk berdoa.

3. Ketika azan berkumandang serta antara azan dan iqamah
Kadang kamu lupa di waktu ini. Biasanya kita ngobrol saat mendengarkan azan atau bercanda saat menunggu iqamat. Nah, sekarang kamu bisa gunakan waktu yang singkat ini untuk berdoa.

4. Ketika sujud dalam salat dan di tahiyat akhir sebelum salam
Selain di luar salat, kamu juga ternyata bisa berdoa saat mengerjakan salat. Waktunya  saat sujud dan tahiyat akhir sebelum salam.

5.Pada hari Jumat setelah ashar sampai terbenamnya matahari
Waktu mustajab lainnya, kamu bisa berdoa setelah waktu asar hingga magrib.

6. Pada saat turun hujan
Saat hujan biasanya kita mengeluh. Nah, mulai sekarang lebih baik digunakan untuk berdoa.

7. Pada Hari Arafah dan malam lailatur qadar
Untuk waktu ini terbilang spesial, karena waktu dan tempatnya khusus bagi orang yang berangkat haji ke Tanah Suci. Makanya di tempat ini kadang kita minta didoain kepada keluarga yang berangkat haji. Sementara yang tidak berangkat haji, bisa juga saat bulan Ramadan pada malam lailatul qadar. 

8.Ketika perang berkecamuk
Ternyata, dalam situasi sulit dan mencekam, kita dianjurkan untuk berdoa agar diberikan keselamatan. Artinya, dalam situasi perang kita memang dianjurkan berdoa. Ini sama halnya dengan kondisi yang mengerikan seperti ada penademi COVID-19 ini kita juga bisa berdoa.  (Ilustrasi/Instagram/YayasanSyekhAliJaber)




Comments