Humor Nabi Bikin Ketawa, Nenek Menangis Gara-gara Tak Masuk Surga?

Ilustrasi kehidupan di Masjid (Pixabay)
Kisah nenek tidak masuk surga sebetulnya sudah banyak diulas di berbagai media. Cerita nenek terjadi pada masa Nabi Muhammad SAW. Begini cerita lengkapnya agar kamu tidak salah paham.

Pada suatu hari, seorang nenek mendatangi Nabi Muhammad SAW. Ia pun berkata kepada nabi, "Wahai Rasulullah, tolong berdoa kepada Allah agar aku bisa masuk ke surga."

Mendengar permintaan ini, Nabi Muhaammad SAW pun menjawabya, "Hai ibu fulan, surga tak mungkin dimasuki oleh seorang nenek."

Mendapatkan jawaban begini, sang nenek langsung pergi dan menangis. Mengetahui nenek menangis atas jawabannya, Nabi langsung meminta para sahabat untuk menerangkan maksud pernyataannya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Kabarilah dia bahwa surga tidaklah mungkin dimasuki dia sedangkan ia dalam keadaan tua. Karena Allah Ta’ala berfirman:

"Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung. dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan penuh cinta. lagi sebaya umurnya.” 

(Lihat QS. Al Waqi’ah: 35-37). (HR. Tirmidzi dalam Asy Syamail Muhammadiyah no. 205, hadits hasan menurut Syaikh Al Albani. Lihat Silsilah Al Ahadits Ash Shahihah no. 2987)

Menurut Muhammad Abduh Tuasikal, MSc di laman rumaysho.com, artinya, memang yang masuk surga tidak ada yang tua. Karena semua ketika itu kembali muda. 

Kamu sekarang jadi paham, humor nabi ini mau mengatakan bahwa nenek sebetulnya bisa masuk surga, tapi nanti dia akan jadi muda lagi karena di surga tidak ada yang tua.

Comments