Kamu Bingung Mau Mulai Doa Apa, Inilah Doa Pertama yang Kamu Minta



kumpulan doa (instagram/doadanistighfar)

Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk berdoa kepada-Nya. Seorang hamba dibolehkan untuk meminta apa saja kepada Allah. Namun, kadang seorang hamba bingung mau doa apa yang cocok untuk dirinya.

Kamu tak perlu khawatir. Kamu sebetulnya bisa dan boleh berdoa apa saja sesuai keinginan kamu. Kamu bisa minta soal jodoh, rezeki, kesehatan, ketenangan, kesuksesan, dan kebahagian.

Kalau kamu masih bingung, kamu bisa lihat kisah pada masa nabi. Kamu bisa membaca doa yang pernah disampaikan oleh nabi. Doanya adalah meminta ampunan, kasih sayang, petunjuk, kesehatan, dan rezeki.

Begini bunyi doa lengkapnya dilansir dari akun instagram @doadanistighfar:
"Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii."




Bacaan doa di atas berdasarkan hadis nabi. Pada zaman Nabi Muhammad SAW pernah juga terjadi hal yang kamu alami sekarang. Ada seorang yang merasakan kebingungan sampai bertanya kepada nabi. Begini kisahnya yang dimuat dalam sebuah hadis:

Dari Thoriq bin Asy-yam –radhiyallahu ‘anhu-, ia berkata,
.
كَانَ الرَّجُلُ إِذَا أسْلَمَ عَلَّمَهُ النَّبيُّ – صلى الله عليه وسلم – الصَّلاَةَ ثُمَّ أمَرَهُ أنْ يَدْعُوَ بِهؤلاَءِ الكَلِمَاتِ : (( اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَاهْدِني ، وَعَافِني ، وَارْزُقْنِي )) .
.
“Jika seseorang baru masuk Islam, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan pada beliau shalat, lalu beliau memerintahkannya untuk membaca do’a berikut: “Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii.” (HR. Muslim no. 35, 2697)


Dalam riwayat lain, dari Thariq, ia berkata bahwa ia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam –dan ketika itu beliau didatangi seorang laki-laki-, lalu laki-laki tersebut berkata,

يَا رسول اللهِ ، كَيْفَ أقُولُ حِيْنَ أسْأَلُ رَبِّي ؟ قَالَ : (( قُلْ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ، وَارْحَمْنِي ، وَعَافِني ، وارْزُقْنِي ، فإنَّ هؤلاَءِ تَجْمَعُ لَكَ دُنْيَاكَ وَآخِرَتَكَ )) .
.
“Wahai Rasulullah, apa yang harus aku katakan ketika aku ingin memohon pada Rabbku?” Beliau bersabda, “Katakanlah: Allahummaghfir lii, warhamnii, wa ‘aafinii, warzuqnii”, karena do’a ini telah mencakup dunia dan akhiratmu. (HR. Muslim no. 36, 2697) 

Comments