Malas Ibadah, Usahakan Baca Doa Bro!


Ibadah kadang terasa berat bagi sebagian orang. Misalnya salat. Dalam sehari, kita harus meluangkan waktu lima kali untuk salat. Pagi, siang, dan malam. Tiga waktu tersebut untuk mengerjakan salat wajib; subuh, zuhur, asar, magrib,dan isa.

Belum lagi salat sunat. Ada salat sunat rawatib (qabliyah dan ba'diyah), salat syukrul wudu, tahiyatul masjid. Ini terasa berat. Apalagi salat sunat tahajud di malam hari. Berat sekali.

Bagi seorang muslim, untuk salat wajib hukumnya harus dikerjakan dalam kondisi apapun. Namun, bisa jadi ada yang bolong-bolong. Kadang salat, kadang tidak. Bagaimanapun beratnya, salat harus tetap dikerjakan.

Tapi ada ibadah lain yang lebih ringan, kadang kita mengabaikannya. Padahal ibadah tersebut mudah dikerjakan oleh siapapun. Yakni baca doa. Doa meminta sesuatu kepada Allah SWT. Allah sebagai pemilik langit dan bumi memerintahkan hambanya untuk berdoa.

Kamu bisa mengerjakannya kapan saja dan di mana saja. Dan kamu juga bisa meminta apa saja. Mungkin belum banyak yang tahu, baca doa itu adalah ibadah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:Do'a adalah Ibadah." [HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad dari An-Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhu], seperti dilansir dari akun instgaram @doadanistighfar. (foto/Instagram/doadanistighfar)


Comments