Ternyata, Doa Pembuka Minta Ilmu dan Rezeki Cocok di Pagi Hari




Sebetulnya kamu bisa berdoa kapan dan di mana saja. Namun, untuk doa-doa tertentu alangkah baiknya kamu mengikuti seperti apa yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan ilmu, rezeki, dan pekerjaan ini sudah ada panduan lafal dan waktunya. Nabi Muhammad SAW menganjurkan membaca doa ini:

"Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa."

                                                 اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلً

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima."


Saat membaca doa ini waktunya yang cocok adalah di pagi hari, tepatnya setelah salat subuh sebagai dimuat dalam sebuh hadis. Nabi biasanya tiap setelah salat subuh membaca doa ini.

Seperti dilansir dari kumpulan doa-doa yang dimuat oleh akun instagram @doadanistighfar, bahwa doa ini diambil dari HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih.

Doa pembuka aktivitas ini bertujuan agar dalam aktivitas seharian kamu memiliki target yang jelas dan tercapai. Pertama, kamu harus meminta ilmu yang bermanfaat. Permintaan ini untuk menghindari kamu dari ilmu yang tidak bermanfaat.

Dengan ilmu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lainnya tentu akan membuka jalan kepada untuk mendapatkan rezeki yang halal dan baik. Dengan ilmu yang bermanfaat kamu akan bisa memilih mana rezeki yang halal atau haram.

Setelah mendapatkan rezeki yang baik, dengan ilmu dan rezeki agar kamu mendapatkan amal atau pekerjaan yang diterima oleh Allah SWT. Dalam arti lain, dengan ilmu juga kamu bisa mendapatkan pekerjaan dunia yang diridhoi oleh Allah SWT.

Jadi sangat cocok doa pembuka mendapatkan ilmu, rezeki, dan amal di awal (pagi) hari sebelum menjalani aktivitas sehari-hari. (Foto/Instagram/doadanistighfar)

Comments