Ternyata, Gus Karim Guru Ngaji Gibran Jokowi dan Keluarga

Gus Karim dan keluarga Jokowi  (Foto/Instagram/GusKarim)
Tak banyak yang tahu soal guru ngaji keluarga besar Joko Widodo. Bahkan sebagian orang malah menuding dengan tuduhan bukan orang Islam. Ternyata, keluarga Jokowi sangat dekat dengan keigiatan keislaman.

Sewaktu hidupnya Sudjiatmi Notomihardjo,ibu Jokowi, sering berkunjung ke pondok, mengikuti majelis--majelis dan pengajian yang dipimpin oleh KH Abdul Karim alias Gus Karim.

Gus Karim juga hadir dan memimpin acara tahlilan meninggalnya Sudjiatmi Notomihardjo. Keluarga terdekat Jokowi hadir semua dalam acara tersebut. Termasuk Jokowi dan Gibran. Acara tersebut digelar pada Jumat malam, 27 Maret 2020 di kediaman almarhumah.

Sosok Gus Karim ternyata terbilang istimewa di mata almarhum Sudjiatmi Notomihardjo. Hubungan keistimewaan silaturahim itu dilanjutkan oleh Jokowi dan Gibran.

Keistimewaan Gus Karim dituturkan langsung oleh Gibran dalam akun Instagramnya, Jumat, 24 April 2020. 


KH Abdul Karim alias Gus Kim, Pengurus Pondok Pesantren Az-Zayadiy (Foto/Instagram/Gibran) 
"Sungguh sebuah penghormatan kepada saya. Karena diajak KH Abdul Karim atau @guskarim_solo mengawali puasa Ramadhan dengan ikut bersaksi dalam proses pembangunan Masjid Baitul Riyadh di kompleks Pondok Pesantren Az-Zayadiy, Grogol, Sukoharjo.

Gus Karim adalah salah satu guru ngaji keluarga kami. Sewaktu masih sugeng, almarhumah Eyang Noto cukup sering berkunjung ke pondok dan mengikuti majelis-majelis dan pengajian bersama Gus Karim.

Bahkan, beliau pula yang turut mendampingi dan membimbing kami sekeluarga ketika memperoleh anugerah dan kenikmatan yang sangat luar biasa dari Allah subhanahu wa ta’ala, yakni berziarah di makam Sayyidina Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam...."

Gus Kim adalah sosok kiai yang sederhana. Dia sangat dekat dengan santri dan umat, hormat dengan habaib. Dia orang yang tawadu' meski dekat dengan kalangan pejabat hingga presiden. Dia mewakili tagline pesantrennya "Kesalehan adab untuk keberkahan ilmu."


Comments