Bikin Tersenyum, Puasa Syawal Bukti Kamu Bukan Cewek Musiman

Ilustrasi wanita puasa syawal (Foto/Pixabay)

Baru saja kamu merayakan Lebaran Idul Fitri pada 1 Syawal 1441 H. Kini kamu sudah memasuki hari ke-2 bulan Syawal. Artinya pada bulan ini, kamu sudah diperbolehkan melaksanakan ibadah puasa Syawal.

Puasa Syawal adalah puasa di bulan Syawal selama 6 hari. Kamu boleh melakukannya 6 hari berturut-turut atau loncat-loncat. Yang terpenting kamu mengerjakannya di bulan Syawal.

Hal ini dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. "Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh". (Hadis Riwayah Muslim).

Dilansir dari rumahsyo, bahwa nabi lebih suka umatnya beribadah secara kontinyu. Bila sudah melakukan kegiatan di bulan ramadhan seperti salat tarawih, baca Alquran, dan puasa, alangkah lebih baik hal itu dilakukan di bulan-bulan berikutnya.


Salah satu tanda ibadah amal kamu diterima adalah kamu terus berbuat baik setelah melakukan kebaikan. Seperti kamu sudah melakukan perbuatan baik atau ibadah di bulan Ramadhan, kemudian kamu tertarik atau meneruskannya di bulan-bulan berikutnya.

Kalau kamu merasa sebaliknya, misalnya kamu benci dan bosan berbuat baik atau ibadah lanjutan setelah Ramadhan, itu tanda-tanda ibadah Ramadhan kamu tertolak.

Nah, agar kamu tetap terjaga ibadah kamu dalam kebaikan, maka lanjutkan kegiatan ibadah di bulan Ramadhan pada bulan Syawal ini. Salah satunya, lakukan puasa syawal selama 6 hari. Ini menunjukkan bahwa kamu bukan cewek musiman.







Comments