Di Malam Lailatul Qadar, Ternyata Dianjurkan Baca Doa Minta Maaf


Ilustrasi Masjid Abu Dhabi (Fixabay)

HUMOR - Sepuluh hari berakhirya bulan Ramadhan, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk lebih giat lagi beribadah. Lebih khusus lagi pada tanggal-tanggal ganjil.

Pada tanggal-tanggal ganjil itu ada peristiwa atau momentum malam lailatul qadar. Malam spesial. Yakni malam yang memiliki ukuran keistimewan atau imbalan pahala yang luar biasa.

Malam lailaitul qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Artinya bila kamu mendapatkanya dalam satu malam saat beribadah kamu mendapatkan pahalanya lebih dari seribu bulan. Masyaallah.

Makanya daripada kamu begadang main game, nonton YouTube, chattingan di media sosial, lebih baik kamu isi begadangmu dengan membaca quran, tadarus quran, hafal quran.

Namun, ada lagi kegiatan khusus bila ada lailatul qadar. Yakni, membaca doa. Dan doanya ini khusus di saat lailatul qadar, yakni doa minta maaf kepada Allah.

Doa Minta Maaf (Instagram/doadanistighfar)


 اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى
ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ’ANNI
Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku. [HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah]

Dilansir dari akun doadanistighfar, kisah doa minta maaf ini adalah atas pertanyaan istri nabi. Istri nabi yang bernama Aisyah berkata: Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah Lailatul Qadr, lantas do’a apa yang mesti kuucapkan?” 

Atas pertanyaan Aisyah tersebut, Nabi Muhammad SAW lantas menjawab doa minta maaf yang di atas. Nabi betul-betul menganjurkan umatnya untuk membaca doa minta maaf kepada Allah pada waktu yang spesial, yakni di malam lailatul qadar.

Comments