Kamu Malu Banyak Pinjaman, Bacalah Doa Bebas dari Utang

Ilustrasi Masjid Moroko (Foto/Pixabay)
HUMOR - Tak bisa dipungkiri, pandemi COVID-19 selain mengancam kesehatan dan sosial kamu, juga mengancam keuangan kamu. Kamu sebagai karyawan, pelajar, ataupun pengusaha.

Kamu semua pasti kena dampak ekonominya. Karyawan mulai banyak yang di-PHK, pelajar mulai tidak dapat uang jajang, pengusaha mulai berhenti produksi. Semua ujung-ujungnya pemasukan uang ke kantong kamu menjadi berkurang bahkan kosong melompong.

Pada situasi seperti ini, kamu pasti akan berusaha mecari uang. Salah satunya dengan berutang. Nah, agar kamu terhindar dari jeratan utang, kamu disarankan untuk berdoa setiap akhir salat.

Begini bunyi doa perlindungan dari utang.

Doa terlepas utang (Instagram/doadanistighfar)



                                                                                                                      اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

                                                                                         Allahumma inni a’udzu bika minal ma’tsami wal maghrom

                        Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari berbuat dosa dan sulitnya utang. (HR. Bukhari no. 2397 dan Muslim no. 5). Dilansir dari instagram                                                                                                                   @doadanistighfar.

Dengan doa ini kamu disarankan membacanya saat salat. Siti Aisyah sebagai istri Nabi Muhammad SAW menyampaikan bahwa nabi suka membaca dua permohonan ini, terlindung atau terjaga dari berbuat dosa (ma'tsami) dan jeratan utang (maghrami).

Doa terindung dari utang bukan hanya bagi yang sudah punya utang, tapi yang belum punya utang juga disarankan membaca doa ini. Artinya, bagi yang punya utang agar cepat selesai, dan bagi yang belum punya utang jangan sampai berutang.

Dalam doa ini betul-betul bagi yang berutang jangan sampai terlilit utang. Sampai-sampai seorang sahabat nabi ada yang bertanya, kenapa engkau sering meminta perlindungan dari utang?” 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas menjawab, bahwa jika orang yang berutang berkata, dia akan sering berdusta. Jika dia berjanji, dia akan mengingkari. 

Kalau kondisi seperti ini, nanti kamu terjebak orang munafik. Yang selalu ingkar janji karena tak sanggup membayar utang. Maka di sinilah kamu harus meminta perlindungan kepada Allah dari jeratan utang ini.

Comments