Lagi di Bulan Ramadhan, Yuk Doa Minta Hidayah dan Kaya?

Ilustrasi Masjid Laut (pixabay)

Di bulan Ramadhan ini kita dianjurkan untuk perbanyak ibadah. Selain ibadah wajib tentunya, ibadah-ibadah sunah. Mulai mengerjakan salat-salat sunah, membaca Alquran, hingga amal-amal sholeh lainnya.

Ada yang tak kalah pentingnya berdoa. Berdoa adalah bagian dari ibadah, bahkan dia disebut sarinya ibadah. Oleh karena itu, kita sebisa mungkin untuk meluangkan waktu sedikit untu meminta sesuatu kepada Allah SWT.

Ibadah doa ini banyak manfaatnya. Istilah kata "gak bakal rugi bandar". Dia  hanya meluangkan waktu sebentar dan meminta apa yang dia inginkan. Lalu minta doa apa ya?

Di sini, kumpulan doa, kita akan doa meminta doa hidayah, takwa, afaf, dan kaya. Begini bunyi doa dan artinya?

Doa (Instagram/doadanistighfar)


اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى
 

"Allahumma inni as-alukal huda wat tuqo wal ‘afafa wal ghina.”

(Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketaqwaan, keterjagaan, dan kekayaan)”

Doa nabi ini dari Ibnu Masud, riwayat Muslim No. 2721, At Tirmidzi no. 3489, Ibnu Majah no. 3105, Ibnu Hibban no. 900 dan yang lainnya, seperti dilansir dari muslim.or.id.

Doa nabi ini memiliki 4 permohonan yang kita minta. Pertama, kita minta huda. Yakni hidayah. Kita selalu berharap diberikan hidayah atau petunjuk dari Allah agar hidup kita selalu dalam lindungannya.

Makanya, sebelum meminta yang lain kita didahulukan meminta petunjuk Allah sebagai landasan untuk beraktivitas atau mengerjakan yang lain.

Kedua, doa minta takwa. Yakni meminta agar kita selalu bisa mengerjakan dalam perintah-perintahNya dan menjauhi larang-larangannya.

Ketiga, doa minta afaf. Yakni kita minta terjaga dari perbuatan yang ti
dak pantas atau kurang layak.

Keempat, doa minta gina. Yakni minta kaya. Kaya di sini berarti minta cukup dari bantuan manusia. Ada juga berati kaya hati. Yakni hatinya cukup dengan bantuan Allah, tak perlu lagi mencari-cari bantuan ke manusia.

Itulah empat perkara yang kita minta kepada Allah SWT. Semoga doa minta hidayah, taqwa, afaf, dan kaya dikabulkan dalam bulan Ramadhan. Yuk, berdoa sejak sekarang, kapan lagi kalau bukan sekarang?

Comments