Kelucuan Polisi saat Menemani Buron Djoko Tjandra

Komik buron Djoko Tjandra suka-suka (Twitter/@furqonelwe)
humorberita.com - Djoko Tjandra hingga saat ini masih menjadi buronan polisi. Selama 11 tahun buronan, Djoko Tjandra ternyata bisa masuk ke Indonesia dengan mudah. Ia bukan jalan-jalan, tapi mengurus status hukumnya.

Artinya ia bertemu dengan aparat pemerintah dan penegak hukum Indonesia. Ia dengan mudah membuat E-KTP, pasport, dan mendaftarkan kasus permohonan Peninjauan Kembali (PK)-nya ke pengadilan Negeri Jakarta Selatan. 

Luar biasa. Buronan, tapi tidak ada yang menangkapnya. Bahkan dalam pelayanan pembuatan dokumen di atas, Djoko Tjandra mendapatkan pelayanan istimewa. Mulai dari lurah hingga jenderal di mabes Polri. Diduga polisi yang melayani Djoko adalah Brigjen Prasetijo Kepala Biro Kordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri.Wow!

Aparat pemerintah dan penegak hukum ini terlihat polos yang bikin warganet geleng-geleng kepala. Lucu, kok ada polisi seperti itu ya?

Inilah kelucuan polisi Indonesia melindungi buron Djoko Tjandra di mata netizen:

1. Polisi memberi surat jalan ke buron
Tentu prihatin mendengarnya. Daripada bingung bin pusing, lebih baik tertawa saja bahwa ada polisi memberi surat jalan ke buronan. Polisi memberi surat jalan Djoko Tjandra dari Jakarta ke Pontianak.

(Twitter/@motizenchannel)

2.Polisi menemani buron ke Rumah Sakit
Untuk melengkapi dokumen perjalanan, polisi juga mengeluarkan surat kesehatan bebas corona. Polisi yang menemani buronan langsung ke Rumah Sakit Polri.

(Twitter/geloraco)

3. Polisi menemani perjalanan dalam satu pesawat
Tak cukup dengan dokumen, polisinya juga langsung menemani perjalanan sang buron. 

4. Polisi membuatkan profesi buron sebagai konsultan
Untuk mengelabui pihak lain, polisi dengan bebas memberikan status buron Djoko Tjandra dengan pekerjaan Konsultan. Kocaknya lagi, alamat buron ini ada di kantor mabes polisi.

"Sobat, nyolong duit negara dalam skandal Bank Bali. Melarikan diri jadi Warga Negara Papua Nugini. DJOKO TJANDRA BALIK LAGI KE INDONESIA SEBAGAI INVESTOR. Disambut karpet merah, lolos imigrasi, dianter Pak Lurah bikin E-KTP,  lalu dapat surat jalan dari Bareskrim Polri. HEBAT..!!" cuit Haris Rusly Moti di akun twitternya @motizenchannel, 15 Juli 2020.

Aksi polisi berteman dengan buron terlihat lucu. Bagaikan kucing dan anjing yang akur saling lempar senyum dan rangkulan. Padahal khitahnya, polisi itu memburu buron, bukannya bermanja-manja dengan buron. Wakakak.

Comments