Klepon Tak Islami Bikin Ngakak, Lagi-lagi Kadrun Vs Kecebong

Komik klepon tak islami (Facebook/KostumKomik)

humorberita.com - Meme kue klepon tidak islami viral mendapatkan berbagai komentar serius di laman Twitter. Warganet saling membangun argumentasi untuk menyerang siapa di balik pembuat isu klepon tak islami.

Mereka saling serang menyusul beredarnya meme kue klepon dengan tulisan: "Kue klepon tak Islami. Yuk tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami.” 

Di akhir tulisan itu tertulis nama Abu Ikhwan Azis. Sontak meme klepon tak islami ini menjadi sorotan kelompok pendukung Jokowi alias kecebong dan kelompok pengkritik Jokowi alias kampret bin kadrun. Wow, klepon bikin panas nih?

Dari sanalah kemudian muncul berbagai tuduhan siapa yang membuat meme klepon ini. Dalam analisa pengamat media sosial Ismail Fahmi mencoba memetakan kelompok-kelompok netizen yang berkomentar soal ini.

"Bagi mereka yang senang dg isi flyer ini, keyword yang sering dituliskan adalah "kadrun". Mereka percaya kalau kelompok ini yg membuat flyer. Sedangkan mereka yg curiga, kebanyakan mencari klarifikasi atau menuding kelompok lawannya yg membuat dan menggoreng sendiri," jelas Ismail Fahmi pada akun Twitternya @ismailfahmi, 22 Juli 2020. 

Dalam analisa Ismail, ada dua kelompok yang saling berbantahan. Kelompok kadrun dan kecebong. Kelompok kecebong ingin membuat framing bahwa kelompok kadrun selalu membuat gaduh dengan simbol-simbol Islam. Mirip tuduhanya kepada kadrun adalah berpaham NKRI syari, radikal, teroris. Di sini ada salah satunya ada nama politisi PDIP Budiman Sudjatmiko.

Sementara kelompok kadrun justru berpandangan sebaliknya. Kelompok ini menuding pendukung Jokowi yang membuat sendiri dan menggoreng sendiri untuk menjelekkan kadrun. Sekaligus untuk pengalihan isu di saat pemerintah sedang berat menghadapi Djoko Tjandra lolos, RUU HIP, COVID-19 makin meluas. Yang masuk kelompok salah satunya ada nama ustaz Felix Siauw.

Comments