Ahok Berkoar, Kadrun Vs Buzzer Kembali Saling Sindir di Media Sosial

Ilustrasi komik kadrun (Instagram/KomikKitaIG)

humorberita.com - Pernyataan Ahok baru-baru ini membangkitkan kembali umpatan kadrun dan buzzer oleh netizen. Mereka saling sindir di media sosial, khususnya Twitter.

Mereka sebetulnya tidak menyebut dirinya sebagai kadrun atau buzzer, tapi mereka dilabeli atau dicap sebagai kadrun atau buzzer oleh pihak lawannya. Kadrun alias kadal gurun diasosiasikan kepada kelompok pengkritik kebijakan pemerintah.

Sementara buzzer diasosiasikan kepada kelompok pendukung pemerintah. Mereka berdua sama-sama tidak terima disebut sebagai kadrun dan buzzer. Apalagi buzzer yang dibayar biasanya diledek dengan sebutan buzzerRP.

Dua sebutan ejekan tersebut biasanya muncul saat ada kebijakan pemerintah yang menimbulkan pro kontra. Kalau pemerintah Jokowi atau anak buahnya mengeluarkan kebijakan, maka netizen yang protes langsung dicap sebagai kadrun. 

Begitu juga sebaliknya, bagi mereka yang mendukung atau membela kebijakan pemerintah langsung dicap buzzerRP. Itu biasanya terjadi antar netizen di media sosial, khususnya di laman Twitter.

Gambaran sederhananya lainnya bisa dilihat saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan kebijakan. Biasanya yang dukung Anies disebut kadrun dan yang menentangnya buzzerRP. 

Yang terbaru, pernyataan Komisaris Utama Pertamina Ahok yang secara langsung menyebut kadrun akan gaduh kalau dirinya jadi Dirut Pertamina. Ucapan Ahok ini tentunya membangkitkan kembali  umpatan kadrun dan buzzer. Mereka saling sahut-sahutan di media sosial.