Thursday, September 24, 2020

Kumpulan Kartun Pilkada di Tengah Pandemi Bikin Bingung Warga



Kartun orang bingung (Twitter/MuhammadiyinGL)

humorberita.com - Pro-kontra Pilkada serentak masih ramai di media sosial.  Pemerintah masih bersikukuh untuk meneruskan hajatan Pilkada. Sementara sebagian masyarakat meminta untuk menunda Pilkada.

Masyarakat menilai gelaran Pilkada sangat riskan terjadinya penularan virus corona. Pasalnya, kumpuluan atau kerumunan para pendukung calon tidak akan bisa dihindari lagi. Mereka pasti akan sulit untuk menerapkan jaga jarak.

Apalagi saat ini, kondisi virus corona pada pososi tinggi. Pilkada dikhawatirkan akan menjadi cluster baru penyebaran atau bertambahnya virus corona di Indonesia.  Pemerintah beralasan akan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Namun, warga tetap saja meragukan efektivitas seruan tersebut. Tapi ada lagi yang lebih membingungkan warga adalah pemerintah memerintahkan dan mengutamakan kesehatan warga dibanding yang lain. Bahkan pemerintah menganjurkan cuci tangan, jaga jarak, pakai masker, tapi Pilkada yang berpotensi timbulnya corona dibolehkan.

Inilah beberapa kartun yang mempertanyakan pemerintah melanjutkan Pilkada di tengah pandemi yang bikin bingung warga.

1. Jaga Protokol Kesehatan,  Jauhi Pilkada


Kartun Pilkada (Instagram/HW_Setiawan)

2.  Menganut Politik Feodal, Jangan Tunda Pilkada


Kartun Pilkada (Twitter/JaprakUsil)

3. Pilkada Ditunda Ok, Pilkada Solo dan Medan Yes
Kartun Pilkada Ditunda (Twitter/MaspiyuO

4. Pilkada Lanjut, Duit Cukong Sudang Kemakan


Pilkada dan Cukong (Twitter/Markonah)

Itulah beberapa kartun Pilkada yang menyoal pemerintah yang tetap menjutkan Pilkada ketimbang menyelamatkan warganya dari virus corona.