Mau Sehat Medis dan Non Medis? Bacalah Doa Ini

Doa Kesehatan yang Bikin Kamu Sehat: Sehat Badan, Pendengaran, dan Penglihatan

Ilustrasi seseorang berdoa (foto/google)

humorberita.com - Hidup sehat dapat dilakukan dengan pola hidup dan makan yang sehat. Pola hidup sehat dengan memperhatikan olahraga, kerja, dan jam istirahat. Begitu pula dengan pola makan sehat, asupan makanan, jumlah makanan, dan waktu makan.

Selain pola hidup dan pola makan yang sehat, ada juga kegiatan lain dalam bentuk meminta doa kesehatan. Doa minta sehat ini cocok agar kehidupan kita makin sehat.

Doa ini khususnya untuk kita minta sehat badan, sehat pendengaran, dan sehat penglihatan. Begini bunyi doanya:

                                                          اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma ‘aafinii fii badanii. Allahumma ‘aafinii fii sam’ii. Allahumma ‘aafinii fii basharii. Laa ilaaha illa anta. (HR.Abu Daud;4:324)

"Ya Allah, sehatkanlah badanku, Ya Allah sehatkanlah pendengaranku, Ya Allah, sehatkanlah pengelihatanku. Tiada Tuhan selain Engkau.”

Dalam doa ini ada tiga perkara yang kita minta. Badan, pendengaran, dan penglihatan agar diberikan kesehatan.

Para ahli mengartikan "aafinii" berarti sehatkan dan selamatkan. Artinya sehatkan dan selamatkan badan kita dari penyakit. Hal ini bisa juga akibat dari aneka makanan yang kita makan atau aktivitas yang kita lakukan .

Begitu juga dengan pendengaran daan penglihatan agar diselamatkan dari sesuatu yang berbahaya. Bahaya bentuk fisik maupun gangguan dari sesuatu yang dilarang oleh agama. 

Para ahli hadis juga ada yang menafsirkan kesehatan penglihatan dan pendengaran ini adalah bagian dari kesehatan badan. Permohonan sehat penglihatan dan pendengaran ini adalah penekanan dan bagian khusus bagi kesehatan badan, tempatnya hati.

Karena pendengaran dan penglihatin ini menjadi jalan menuju hati yang dengan kebenarannya (yang masuk ke hati) akan membuat baik jasad seluruhnya. 

Sebalikna dengan kerusakan yang masuk ke hati, makan akan rusak seluruh jasad atau badannya. Oleh karena itu, penglihatan dan pendengaran harus selalu terjaga agar tidak menggangu hati yang dalam jasad.

Untuk itu, kita memohon keselamatan ini semua kepada Allah untuk bisa melakukan ketaatan kepada Allah SWT. Taat kepada Allah berarti kita melakukan hidup pola dan pola makan sehat. Semua saling berhubungan. Doa menjadi penguat harapan agar kita sehat semua.

Comments