Mau Sehat Medis dan Non Medis? Bacalah Doa Ini

Hindari Gangguan Penyakit Fisik, Hati, dan Pikiran dengan Membaca Doa Sehat Ini

Ilustrasi orang berdoa minta sehat dunia dan akhirat di masjid (Pixbay)

humorberita.com
Hidup sehat tak bisa ditawar-tawar lagi. Pasti kita semua mau hidup sehat, sehat jasmani dan rahani, sehat lahir batin, sehat fisik psikis. Tentunya juga sehat pikiran dan hati.

Tak hanya itu, kita juga menginginkan sehat di dunia dan di akhirat. Kok, begitu. Ya, bagi orang yang beragama, khusunya yang beragama Islam, pasti mengharapkan sehat di akhirat nanti. Maksudnya apa?

Di akhirat adalah kehidupan abadi manusia. Tentunya, kita ingin hidup di dunia alam yang berbeda ini dalam suasana sehat atau selamat dari apapun. Kita tidak ingin sakit di dunia dan di akhirat, tapi kita ingin sebaliknya. Bagaimana caranya?

Untuk menggapai itu, kita diajarkan berdoa untuk meminta kepada Allah agar kita diberikan kesehatan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Inilah Doa Minta Sehat Dunia dan Akhirat. 

                                                                                          اللَّهُمَّ إنِّي أسْألُكَ اليقين والعفو و الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ 

Allahumma inni as alukal yaqina wal afwa wal aafiyata fid dunya wal akhirah

Artinya: Ya Allah aku meminta kepada Engkau rasa yakin, ampunan, kesehatan (keselamatan) di dunia dan akhirat (HR Tirmizi:3514)

Dalam doa ini ada tiga permohonan; yakin, ampunan, kesehatan. Maksudnya apa?  Dikutip dari kalem thayib, bahwa meminta yakin adalah meminta keyakinan yang kuat dalam hati dalam satu hal. Yakin adalah salah satu sifat ilmu. 

Dengan kondisi yakin tanpa ragu ini membuat diri kita percaya diri dalam melakukan satu hal, khsususnya dalam berbuat kebaikan atau beribadah kepada Allah.

Kedua, setelah minta rasa yakin, kita minta afwa. Afwa adalah sifat permohonan ampunan dari berbuat salah dan penghapusan dosa yang akan dan telah kita lakukan. 

Ketiga, Afiyah yakni kesehatan atau keselamatan. Meminta perlindungan kepada Allah kesehatan dari rasa kemarahan, kesengsaraan, serta minta keselamatan dari dari kejahatan bencana, penyakit hati, fisik, dan pikiran. 

Itulah kehidupan yang sehat jasmani dan rahani yang kita idam-idamkan untuk di dunia dan akhirat nanti. Hal ini senada dengan doa sapu jagat yang kita seringa baca.

Yakni, Rabbbana atina fid dunya hasanah wa fil akhirahi hasanah wa qina aadzabannar. Ya Allah berilah kebahagian di dunia dan akhirat. Nah, untuk lebih spesifik lagi untuk diberikan kesehatan dunia akhirat, bacalah doa kesehatan di atas tadi. Selamat berdoa.

Comments