#RismaRatuDrama, Pilpres atau Pilkada?



HUMORBERITA.COM - Mensos Risma sepekan ini namanya jadi cuitan netizen. Namanya pun selalu masuk trending di laman media sosial.Kali ini hastag #RismaRatuDrama nongkrong di jajaran puncak trending Twitter. 


Hastag #RismaRatuDrama dipicu oleh kegiatan blusukan Bu Risma sebagai menteri sosial dengan mendatangii pemulung, gelandangan, dan pengemis di berbagai lokasi Jakarta.


Salah satunya di jalan protokol Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Yang menjadi sorotan netizen aksi blusukan itu diduga setingan. Sosok pengemis yang ada Thamrin, ternyata orang PDIP. Namun, hal ini belum ada konfirmasi dari pihak Mensos.


Terlepas dari itu, aksi Bu Risma ini sesungguhnya baik untuk membantu orang  yang tidak punya kerjaan atau tempat tinggal. Namun, sindiran netizen mengingatkan Bu Risma itu Mensos RI, bukan Mensos DKI.


Masih banyak provinsi lain yang sangat membutuhkan kehadiran Bu Risma sebagai Mensos. Kalau blusukan di Jakarta terus memunculkan dugaan pencitraan atau aksi kemanusian? 


Pencitraan? Ya, karena daerah DKI Jakarta menjadi barometer Indonesia. Semua kamera dan rakyat tertuju ke sini. Di situlah kemudian muncul hastag #RismaRatuDrama.


Sebuah akun kartun di Instagram @Mufcartoon membuat cerita tentang Bu Risma yang sedng bebersih kota Jakarta yang sudah disetting buzzer siap memviralkan.


"Pilkada atau Pilpres?" tulis @mufcartoon pada caption kartun yang diunggahnya,5 Januai 2021.


Dalam postingannya tersebut, Bu Risma sedang menyapu, berlatar belakang monas dan buzzer siap mem-viralkannya. 


Aksi sapu-sapu bersih Jakarta diduga untuk pemilihan Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan atau juga menggantikan Jokowi dalam Pilpres nanti. Itulah respons mufcartoon dalam akun Instagramnya. (Foto/Instagram/mufcartoon)