Sunday, April 25, 2021

Radhar Panca Dahana Meninggal Dunia Karena Gagal Ginjal


HUMORBERITA.COM - Budayawan sekaligus sastrawan Radhar Panca Dahana meninggal dunia, Kamis (22/4/2021). Kabar duka tersebut dikonfirmasi oleh anggota Forum Seniman Peduli Taman Ismail Marzuki (TIM) Noorca Massardi. Radhar diketahui merupakan pimpinan Forum Seniman Peduli TIM. 

"Innalillahi wainaillaihi roji’un, semoga amal ibadah almarhum Radhar Panca Dahana diterima Allah SWT amin," ujar Noorca. 

Noorca juga meneruskan pesan yang dikirimkan oleh kakak Radhar Panca Dahana, yakni Radhar Tribaskoro. Dalam pesan tersebut, Radhar Panca disebutkan meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

"Telah berpulang malam ini pk. 20.00 adik saya tercinta Radhar Panca Dahana di UGD RS Cipto Mangunkusumo. Mohon maaf atas semua kesalahan dan dosanya. Mohon doa agar ia mendapat tempat yang terbaik di sisiNya. Aaminn YRA," demikian bunyi pesan Radhar Tribaskoro yang diteruskan oleh Noorca.

Noorca mengatakan, Radhar Panca sudah lama memiliki penyakit gagal ginjal. Baca juga: Obituari Radhar Panca Dahana: Berjuang untuk Seni dan Budaya Indonesia hingga Nafas Terakhir Akibat penyakitnya, Radhar Panca harus berulang kali cuci darah di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat. "Sudah berpuluh tahun gagal ginjal dan seminggu tiga kali cuci darah di RSCM," ujar Noorca. (Kompas.com)